GP Ansor Grogol Tekan Kerjasama 15 Komunitas Wujudkan Program Simpul Perdamaian Komunitas Muda

GP Ansor Grogol Tekan Kerjasama 15 Komunitas Wujudkan Program Simpul Perdamaian Komunitas Muda

SUKOHARJO – Gerakan Pemuda Ansor Grogol telah mengukir sejarah baru dalam upaya memperkuat kerukunan dan toleransi di wilayah Solo Raya (10/8/2024).

Pada Sabtu, 10 Agustus 2024, bertempat di Balai Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Gerakan Pemuda Ansor Grogol menggelar acara penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) untuk melaksanakan program "Simpul Perdamaian Komunitas Muda: Ruang Aman untuk Keterlibatan Pemuda dalam Upaya Rekonsiliasi Konflik Keagamaan di Solo Raya."

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 15 organisasi dan komunitas yang bergerak di berbagai bidang di Solo Raya, menandakan komitmen kuat dari berbagai pihak untuk mendorong keterlibatan aktif pemuda dalam membangun perdamaian dan rekonsiliasi di tengah masyarakat yang multikultural. 

Baca Juga: Pesona Wisata Bukit Sikunir Dieng Wonosobo Negeri di Atas Awan yang Wajib Dikunjungi

Penandatanganan PKB ini melibatkan organisasi yang berperan penting dalam bidang kepemudaan lokal, LSM advokasi toleransi, komunitas pendidikan dan penelitian keagamaan, pusat konseling dan mediasi konflik, serta media lokal dan jurnalis independen.

Dalam sambutannya, Fadhel Moubharok, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Grogol, menegaskan pentingnya sinergi antarorganisasi dalam menciptakan ruang aman bagi pemuda untuk berperan aktif dalam upaya rekonsiliasi.

“Program ini merupakan langkah awal bagi kami untuk membangun jembatan perdamaian di antara perbedaan yang ada. Bersama 15 organisasi ini, kami yakin dapat menciptakan perubahan positif dan menjaga kerukunan di Solo Raya,” ujar Fadhel Moubharok.

Adapun 15 organisasi yang turut serta dalam penandatanganan perjanjian ini meliputi:

  1. Milenial Militan Sukoharjo
  2. Sukoharjo Youth Movement Institute
  3. Forum Pemuda Sukoharjo Bersatu
  4. Radar Harian Solo Raya Media
  5. Persatuan Asatidz Madrasah Diniyah Sukoharjo
  6. Perhimpunan Pemuda Gereja Bethel Indonesia Korwil Sukoharjo
  7. DPC Perhimpunan Pemuda Hindu Cabang Sukoharjo
  8. Forum Inovasi Pendidikan Agama (FIPA) Kota Surakarta
  9. Jaringan Mediasi dan Konseling Damai Kota Surakarta
  10. Aliansi Persaudaraan Bhinneka Solo Raya
  11. Komunitas Sahabat Toleransi dan Perdamaian Surakarta
  12. Generasi Muda Dharmapala Surakarta
  13. Komunitas Pemuda Theravada Surakarta
  14. DPD Muda Dharma Nusantara Kota Surakarta
  15. Pengurus Cabang Ikatan Generasi Katolik Indonesia (IGKI) Kota Surakarta

Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi fondasi bagi berbagai inisiatif dan kegiatan yang mengedepankan dialog, toleransi, dan kerja sama antarumat beragama dan komunitas pemuda di Solo Raya. 

Salah satu agenda utama dalam program ini adalah penyelenggaraan pelatihan, diskusi, dan kegiatan sosial yang melibatkan pemuda dari berbagai latar belakang untuk mengurangi potensi konflik dan meningkatkan pemahaman serta toleransi di antara mereka.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Mie Instan Buruk bagi Kesehatan

Dengan terlaksananya acara ini, Gerakan Pemuda Ansor Grogol dan mitra organisasi lainnya menegaskan komitmen mereka untuk terus berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan mempromosikan nilai-nilai toleransi di tengah masyarakat yang majemuk.

(***)


Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi Magelangraya.id menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: beritamagelangraya@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027